Pages

Selasa, 20 September 2011

Tugas 2 Konsep E-Business (16-09-2011)

NIM/NAMA      : 09.41011.0021 / Sukirno
Dosen             : Tan Amelia
Tugas              :
111-eBiss Kelas P1-M2


1. WolframAlpha merupakan mesin komputasi pengetahuan yang baru diluncurkan. Sekilas situs wolfram alpha akan membuat orang berpikir bahwa ini hanyalah salah satu mesin pencari, seperti Google atau Yahoo, namun Anda akan kagum dengan kemampuannya setelah mencobanya. Wolfram dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan ilmiah, dan hasilnya pun langsung berupa fakta, bukan link-link ke suatu website.
Kelebihan : Wolfram Alpha dapat menjawab pertanyaan seperti “who is the president of united states”, “when is the next solar eclipse in Indonesia”, atau “what is the distance between chiang mai and bandung”. Wolfram Alpha dapat menampilkan grafik fungsi, membandingkan saham dua perusahaan, menampilkan cuaca suatu kota, menampilkan struktur kimia, menyajikan peta, dsb. Tapi Wolfram Alpha juga masih belum sempurna, banyak pertanyaan sederhana yang belum bisa dijawab, tapi sebagai produk baru, kemampuannya sudah sangat menjanjikan. Bagi ilmuwan atau siswa/mahasiswa sains, Wolfram Alpha akan sangat berguna dalam melakukan riset.
Perlu dicatat bahwa Wolfram Alpha saat ini tidak menjelajah web untuk mencari jawaban atas suatu pertanyaan. Di Google, saya bisa mencari nama saya “Yohanes Nugroho”, dan akan muncul situs-situs yang saya miliki. Wolfram Alpha tidak memiliki kemampuan semacam itu, dan akan menjawab dengan “Wolfram|Alpha isn’t sure what to do with your input.”
Di balik layar, saat ini Wolfram Alpha menggunakan 10 ribu komputer untuk menjawab aneka pertanyaan. Jumlah ini masih jauh dibawah Google, jadi jangan heran jika terkadang permintaan Anda butuh waktu lama untuk memprosesnya.
Kegunaan untuk pengembangan proses bisnis kedepan : Selain versi publik, Wolfram Alpha juga akan dijual untuk entitas komersial sehingga bisa dipakai untuk menganalisis data pada suatu perusahaan, dan tentunya akan ada fitur-fitur yang tidak diberikan dalam versi publik.

2. Zen Cart merupakan salah satu software / websoft gratis yang dikembangkan oleh perkumpulan para shop owners, programmers, designers dan consultants software website toko online, e-commerce atau Shopping Cart. Boleh dibilang Zen Cart ini merupakan software khusus toko online gratis terbaik selain osCommerce, prestashop dan Magento.
Jika hosting kita mempunyai fantastico De Luxe atau terkoneksi langsung dengan simple script, cara instalasi dari Zen Cart ini sangatlah mudah. Kita tinggal klik-klik sampai selesai.
Tapi bagaimana jika hosting yang kita pakai tidak mempunyai fasilitas auto install zencart ini ?
Di sini akan kami
 simulasikan cara membuat toko online menggunakan ZenCart dengan cara manual. Contoh yang kami pakai ini menggunakan hosting localhost dengan menggunakan XAMPP.
Cara Install ZenCart :..
  • Download Zencart v.1.3.9d installer
  • Buat addon domain atau subdomain dari cpanel hosting. Akan terbuat folder baru yang sesuai dengan addon domain atau subdomain anda tersebut.
  • Upload hasil download ZenCart tersebut ke hosting menggunakan ftp atau file manager. Jika yang anda upload tersebut masih berupa file zip, maka extract dulu file tersebut ke folder hasil pembuatan addon domain atau subdomain.
  • Buat database baru. Contoh kalau memakai XAMPP :Membuat Toko Online dengan Zen Cart, ZenCart e Commerce
  • Akses domain untuk ZenCart menggunakan browser untuk memulai instalasi. Install ZenCart akan melalui beberapa tahap yaitu : Welcome, License, Prerequisites, Database Setup, System Setup, phpBB Setup, Store Setup, Admin Setup, Finished. Baca saja keterangan-keterangan yant terdapat di tahap-tahap tersebut.
  • Pada tahap ZenCart Setup -  Database Setup, kita diharuskan mengisi Database Host, Database Username, Database Password, Database Name. Contoh pada penerapan di XAMPP :Membuat Toko Online dengan Zen Cart, ZenCart e Commerce
  • Pada tahap ZenCart Setup – Store Setup, kita diharuskan mengisi Store Name, Store Owner, email, country, zone dll.Membuat Toko Online dengan Zen Cart, ZenCart e Commerce
  • Ikuti saja tahap demi tahap penginstalan Zen Cart tersebut sampai selesai.Membuat Toko Online dengan Zen Cart, ZenCart e Commerce
Toko online menggunakan Zen Cart sudah selesai. Selanjutnya remove folder /zc_intall di ZenCart folder untuk keamanan.
Untuk menjadikan website toko online yang sesungguhnya masih ada beberapa setting admin yang perlu dilakukan. Misal pengaturan template bahasa, negara, pembayaran, dan yang paling penting yaitu produk yang nantinya kita jual.
Toko online dari zen cart tersebut belumlah siap dipakai jika kita tidak melakukan setting admin. Untuk setting awal kali ini kami akan memaparkan cara setting awal dari toko online zencart ini.
Pada semua website, setting awal yang akan kita lakukan adalah penggatian dan pengaturan themes / template. Dan dikarenakan zencart mempunyai default bahasa Inggris (English Language), diperlukan juga install bahasa (language) yang nantinya dapat digunakan pilihan multi bahasa. Selain itu metode pembayaran (payment) dan mata uang (currency) harus juga kita sesuaikan dengan fasilitas toko online kita.
Install & Setting Themes  Template Toko Online Zen Cart
Untuk themes / template zen cart kita bisa mencari di forum zencart atau di zencarttemplates.info. Pilih dan download. File-file tersebut berupa zip file buka isinya dan lihat panduannya.
Biasanya isi file terdiri dari folder new install dan upgrade. folder new install untuk install template baru yang sebelumnya belum ada dan folder upgrade untuk memperbarui versi template yang sudah ada dengan yang baru.
Isi dari kedua folder tersebut adalah folder includes yang berisi folder languages, modules dan templates. Extract file tersebut ke folder includes yang ada di zencart installer.
Masuk ke Admin ( [domain]/admin/index.php). Login dengan user admin. Masuk ke Tools > Template selection. Klik Edit Default Template. Rubah template dengan template yang baru tadi. Klik Update.
Setting Layout Boxes Controller Toko Online Zen Cart
Pada penggantian template dengan template yang baru, Layout Boxes / widget yang telah ada akan hilang. Maka untuk ini diperlukan settingan kembali Layout Boxes / widget tersebut.
Masuk ke Tools > Layout Boxes Controller, pilih loyout box yang akan kita tampilkan, klik edit. Pilih Left/Right Column Status = on, untuk mengaktifkannya. Pilih Location: (Single Column ignores this setting) = Left/Right. Isi Left/Right Column Sort Order, nomor yang kecil aka ada di atas no yang besar. Isi juga Single Column jika template anda menggunakan 1 column loyout box.
Install & Setting Bahasa Indonesia di Toko Online Zen Cart
Default Bahasa dari Toko Online ZenCart adalah English. Tapi kita bisa menginstall Toko Online kita dengan Bahasa Indonesia.
Download Modul Bahasa Indonesia untuk ZenCart di sini. File tersebut terdiri dari folder admin, includes dan zc_install.
Upload dan extract file tersebut ke root zencart installer.
Masuk ke Admin Home lagi dan langsung saja ke Localization > Language. Klik new language, dan isi :
  • Name: Bahasa Indonesia
  • Code: id
  • Image: icon.gif
  • Directory: indonesian
  • Sort Order: 1
  • Set as default: (centang kotak ini jika pilih bahasa Indonesia sebagai default bahasa)
  • Selesai klik “insert.”
Setting Mata Uang / Currency Toko Online Zen Cart
Secara default ada beberapa mata uang atau currencies yang ada di toko online zencart. Hapus / delete mata uang yang tidak kita perlukan, dan buat mata uang baru (new currency) Indonesian IDR Rupiah.
Masuk ke Admin Home > Localization > Currencies. Delete currency yang tidak diperlukan. Tambahkan new currency IDR :
  • Title : Indonesi IDR
  • Code : IDR
  • Symbol : Rp
  • Decimal Point : .
  • Thousands Point : ,
  • Decimal Places : 0
  • Value : (isi dengan kurs saat ini, misal 9000)
  • klik update
Kita juga dapat melakukan update kurs IDR tersebut dengan klik update currencies.
Setting Pembayaran / Payment Toko Online Zen Cart
Ada beberapa pilihan sistem pembayaran / payment Modules di toko online Zen Cart. Kita bisa memilih dan menyesuaikan dengan fasilitas pembayaran yang kita miliki.
Masuk ke Admin Home > Modules > Payment. Pilih Payment yang kita inginkan. Klik remove untuk men-deactive-kan payment tersebut dan klik install untuk meng-active-kan payment tersebut.
Sekarang Toko online zencart kita sudah siap untuk diluncurkan, tapi masih ada satu yang kurang, yaitu produk yang kita jual di toko online tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar